Membuka Wawasan dengan Buku Perjuangan — Ada Buku Apa Saja, ya?

Kumpulbaca
2 min readNov 1, 2023
(Dokumentasi Pribadi Kumpulbaca)

Hi Teman Baca! Apa kabar? Semoga sehat selalu ya! Kali ini Kumpulbaca ingin membagikan momen seru #SejamMembaca edisi Agustus 2023.

Unggah artikelnya agak telat nih, tapi yang penting artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu dan menginspirasi kamu buat hadir.

Tanggal 12 Agustus 2023 adalah momen seru yang Kumpulbaca dan Teman Baca adakan. Di tanggal tersebut kami memeriahkan euforia HUT RI yang jatuh pada 17 Agustus 2023.

Ya, walaupun pertemuan kami tidak dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus, namun kami tetap semangat berkumpul untuk membaca dan saling bertukar pengetahuan.

Di tanggal tersebut kami seperti biasa memulai rutinitas kami dengan kegiatan #SejamMembaca. Kegiatan dimulai pukul 15.00 hingga 16.00 WIB.

Kemudian dilanjutkan dengan agenda Laporan Baca. Kegiatan kedua ini memberikan ruang bagi semua teman baca untuk membagikan cerita mengenai buku yang sedang baca.

Setelah semua teman baca selesai menyampaikan buku yang sedang dibaca, maka saatnya masuk ke agenda ketiga yaitu bercerita buku perjuangan!

Ragam Buku Perjuangan

(Dokumentasi Pribadi Kumpulbaca)

Tema buku perjuangan menjadi tajuk utama yang Kumpulbaca hadirkan di sesi ini. Semua teman baca menceritakan tentang buku bertema perjuangan yang pernah mereka baca.

Definisi perjuangan di sini bukan hanya soal memperjuangkan kemerdekaan ya. Namun juga perjuangan lain yang kita alami bahkan di masa modern saat ini.

Alasannya agar buku bacaan yang dibawa lebih beragam dan cerita yang dihadirkan juga lebih bervariasi.

Alasan lainnya adalah Kumpulbaca merasa perlu untuk membahas perjuangan pasca kemerdekaan. Hal ini karena banyak masalah sosial di masyarakat yang layak untuk diketahui oleh orang banyak.

Banyak teman baca yang membawa buku perjuangan lain seperti,

  • Kim Ji-yeong, Lahir Tahun 1982. Menceritakan soal perjuangan seorang anak perempuan, ibu, istri dan manusia bernama Kim Ji Yeong yang mengalami perlakukan diskriminasi dan patriarki selama hidupnya.
  • GirlBoss. Buku yang menceritakan perjuangan seorang perempuan dalam mengejar cita-citanya menjadi orang sukses dan pebisnis handal.
  • Laut Bercerita. Buku novel karya Leila S. Chudori yang menceritakan perjuangan para aktivis di era Orde Baru melawan pemerintah Orde Baru yang otoriter dan tidak mempedulikan nasib rakyat kecil.

Tentunya masih banyak lagi buku perjuangan yang teman baca ceritakan selama sesi diskusi.

Itu saja informasi mengenai agenda baca Kumpulbaca, semoga kamu bisa hadir di pertemuan berikutnya ya!

--

--

Kumpulbaca

Komunitas membaca buku yang mendukung gerakan #SejamMembaca untuk generasi bangsa yang lebih bermartabat! Instagram : https://www.instagram.com/kumpulbaca/